Pengalaman Mengikuti PPS BRI di Surabaya


Pertama saya akan menjelaskan dulu apa itu PPS BRI yang menjadi judul di tulisan saya kali ini. Perlu diketahui saya saat ini sudah menyelesaikan studi di ITS, dan sekarang sedang mencari pekerjaan. Nah saat proses mencari pekerjaan itu saya mendapat info dari kakak ipar saya bahwa BRI sedang membuka lowongan, langsung aja saya mendaftar di website-nya rekrutmen BRI. Disana langsung ada pilihan mau di posisi apa? nah saya dikasih tau yang bagus itu PPS, disini terdapat 3 jenis PPS:

1. PPS Umum, lulusan dari Fakultas/ Jurusan : Ekonomi, Hukum, Teknik, Teknologi Pertanian, Psikologi, Pertanian, Peternakan, Kehutanan, Fisipol (Hanya Untuk Jurusan hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Administrasi Fiskal, Administrasi Niaga, dan Administrasi Negara), MIPA (Hanya untuk jurusan Matematika , Statistika)

2. PPS Auditor, lulusan dari Fakultas/ Jurusan : Ekonomi, Hukum, Teknik, Pertanian, Fisipol (Hanya Untuk Jurusan Administrasi Fiskal, Administrasi Niaga, dan Administrasi Negara), MIPA (Hanya untuk jurusan Matematika , Statistika)

3. PPS IT, lulusan dari Fakultas/Jurusan : Ilmu Komputer, Teknik Informatika

FYI, TAHAPAN TEST dari PPS ini adalah sebagai berikut:

1. Seleksi Administrasi
2. Wawancara awal
3. Psikotest (termasuk tes intelegensia), Tes English, Wawancara psikolog
4. Wawancara akhir bersama Kepala Divisi, Pemimpin Wilayah, Atau Kepala Bagian
5. Medical Check Up

1) Tes administrasi

Kualifikasi :
– Sarjana S1/S2 dari Universitas Terkemuka yang Terakreditasi A/B
– Usia Max 27 thn (Bagi Lulusan S1) dan 30 thn (Bagi Lulusan S2)
– IPK S1 minimal 2,75 (PTN), 3,00 (PTS)
– IPK S2 minimal 3.25 dengan ketentuan IPK S.1 min. 2,75 (PTN), 3,00 (PTS)
– Diutamakan bagi yang belum pernah mendaftar sebagai peserta PPS BRI
– Bersedia mengikuti seluruh tahapan seleksi.
– Belum Menikah.
– Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja BRI
– Berminat untuk berkarier di BRI (sebagai peserta PPS BRI yang merupakan calon pemimpin BRI di masa depan), yang dibuktikan dengan mengisi formulir lamaran yang akan disediakan.
– Bersedia menandatangani Surat Perjanjian dengan BRI apabila dinyatakan diterima sebagai peserta PPS BRI

selang beberapa saat kemudian, bertepatan dengan adanya jobfair di unair saya di-sms bahwa saya lolos seleksi administrasi dan besuknya dipanggil interview awal. 

2) Interview awal

Di interview awal ini jumlah yang dipanggil sangat banyak, dimana mereka diinterview dalam hari beberapa hari yang berbeda. Saya saja waktu itu sudah masuk hari ke-2. Tempat interview di KanWil Surabaya tepatnya di Gedung BRI Tower (Jl. Basuki Rahmat Surabaya) Saat interview pertama-tama disuruh mengisi formulir dan mempersiapkan berkas-berkas yang telah di-syaratkan, termasuk foto full body 4R. Kemudian kami diabsen dan dipanggil satu persatu untuk menunggu di lobby, dan disuruh masuk per-5 orang. Nah, di kami di-interview hanya oleh 1 orang saja (saya lupa nama bapaknya), saya yang duduk di paling kanan kebetulan dapat giliran interview paling akhir sehingga paling tidak dapat menyiapkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh bapaknya. Tibalah giliran saya, Beginilah interview-nya:

– Pertama saya disuruh menceritakan tentang diri saya dan keluarga saya.

– Ditanyai apa yang itu bank, tetapi pakai bahasa english. (saya sedikit mempersiapkan karena yang sebelum-sebelumnya juga ditanyai demikian)

– Ditanyai apa motivasi mau bergabung di BRI (saya jawab karena ingin bergabung dengan salah satu bank nasional terbesar dan jaringannya tersebar paling banyak di indonesia, sehingga dapat berkontribusi terhadap kemajuan perekonomian bangsa)

udah itu aja seh, emang kagak begitu lama mungkin cuma sekitar 8-10 menitan.

3) Psikotest (termasuk tes intelegensia), Tes English, Wawancara psikolog

Beruntungnya saya dipanggil untuk lanjut di tes tahap ini, dalam tes ini yang lolos sekitar 200-an orang. Tempat tes-nya di pusat pendidikan BRI di surabaya. Pertama diberikan pidato dan penjelasan singkat dulu oleh bapak-bapak dari BRI dan dari bagian orang psikolog-nya (independent) kalau gak salah dari IPB.

Kembali kami diberikan formulir untuk mengisi data diri dll. Lalu dimulailah Psikotest, psikotestnya hampir mirip dengan psikotest biasanya: ada tes pauli, tes gambar (WARTEGG, orang, pohon), lalu yang agak beda ada tes tentang sikap kita jika menghadapi situasi tertentu, terus ada tes yang milih cepat dari beberapa kepribadian kita.

Lalu, dikasih break dan makan dulu, dan diumumkan siapa-siapa yang lolos ke tes selanjutnya. Yang kagak lolos cuma sekitar 15 orang. Terus lanjut ke Tes English, dimana terdapat 3 session; listening, reading, writing. Pada tes listening ini kita disuruh menebak gambar apa yang ada di buku soal dengan mendengarkan jawabannya (listening). lalu untuk tes reading kita disuruh mengerjakan soal yang ada pada buku. Kemudian soal yang esai, ini kita disuruh menuliskan dalam bahasa english min 100 kata, dengan tema pilihannya ada 5:
-your strengths and weaknesses
-what do you know about our company?
-your current job and your expectation
-your present company
-why do you want to join our company?

Kemudian langsung lanjut tes wawancara psikolog, saya kebagian bu Nila. Wawancara disini lebih cocok dibilang tanya jawab seh kalau menurutku. Dimana kita ditanyakan data diri, tinggi, berat, lulusan, prestasi, ikut organisasi apa, dll. terus ditanyai isu/berita terbaru yang lagi HOT (saya jawab sekarang lagi rame-rame-nya membahas Penanganan Jokowi di Jakarta). Udah itu aja, jadi setelah ditanyain kagak dicecar (kagak seperti wawancara HRD, jadi setelah ditanyain semisal ikut oraganisasi apa? terus udah ganti topik aja). Setelah keluar dapat lagi Makan malam (kalau masalah makanan hapal bener…!)

4) Wawancara Akhir

Nah, menunggu pengumuman untuk wawancara akhir ini agak lama, sekitar 2-3 minggu. Dan saya beruntung di-sms oleh BRI lagi, disuruh membuka website-nya.

disana isinya seperti berikut:

Wawancara Akhir akan dilaksanakan pada:

Hari / Tanggal   : Senin – Rabu / 18 – 20 November 2013

Tempat              : Kantor Wilayah BRI Surabaya Gedung Plaza BRI Jl. Basuki Rahmat 122-138 Surabaya

 

Jadwal dan Daftar Kandidat Program Pengembangan Staf (PPS) BRI Wilayah Surabaya yang berhak untuk mengikuti Tahap Seleksi Wawancara Akhir klik disini

Kandidat Program Pengembangan Staf (PPS) BRI diwajibkan:

  1. Hadir 15 menit sebelum jadwal
  2. Bagi Kandidat PPS IT Akan Melakukan Tes Kompetensi Pada Hari Senin dan Selasa, 18 – 19  November 2013 Pkl. 07.00 WIB
  3. Berpakaian kerja
  • Pria      : celana panjang hitam dengan kemeja lengan panjang putih dan berdasi serasi
  • Wanita : blazer hitam dan rok/celana panjang hitam dengan kemeja putih
  1. Mengingat dan mencatat nomor tes
  2. Membawa asli dan fotocopy kartu identitas (KTP dan SIM)
  3. Membawa materai Rp 6.000 (2 lembar)
  4. Membawa foto seluruh tubuh berwarna terbaru ukuran 4R (1 lembar)
  5. Membawa pas foto ukuran 3×4 (3 lembar)
  6. Membawa asli dan fotocopy Ijazah atau SKL bagi yang belum memiliki Ijazah
  7. Membawa asli dan fotocopy Transkrip Nilai Akhir atau Transkrip Nilai Sementara bagi yang belum memiliki Transkrip Nilai Akhir
  8. Membawa asli dan fotocopy SKCK
  9. Membawa alat tulis yang diperlukan (Pulpen, Pensil 2B, Pensil HB, Penghapus, Lem, Stapless, dll)

Saya kebagian hari pertama, jam 07.30 udah nyampe ke tempat tes (tempatnya sama kaya yang di wawancara awal), dan karena itu hari senin dengan beruntungnya saya ikut-ikutan merasakan apa itu apel pagi (karena disuruh ikut sekalian daripada nongkrong-nongkrong di tempat tes). Kemudian disuruh mengisi 2 lembar surat yang isinya semacam perjanjian untuk membayar denda jika telah lolos tes medcheck tapi tidak dilanjutkan, dan satu lagi kalo gak salah perjanjian ikatan dinas 5 tahun , dan dibubuhi materai yang telah disiapkan. Lalu dikumpulkan barengan dengan persyaratan yang ada diatas. Untuk Ijasah, transkrip, dan SKCK dibawa aja nanti waktu interview ditunjukkan ke yang menginterview.

Disini kita masuk satu persatu, dibagi menjadi 3 bagian (kiri, tengah, kanan). Saya kebagian yang tengah, Setelah menunggu sampe jam 11.30 akhirnya saya dipanggil juga. Saya masuk dengan membawa dokumen yang perlu ditunjukkan tadi. Dipersilahkan duduk sama bapaknya, disini ada 2 peng-interview, namanya pak joko dan pak jun. Berikut adalah cuplikan interview-nya:

– Asalnya darimana? (saya jawab kota saya) wah banyak ya yang dari situ? (iya tadi ada 2 temen saya juga yang sudah interview)

– Bapak masih ada? (Masih) Kerjanya? (Pensiunan PNS) kalau ibu? (Guru) saudara? (disini saya jelasin mulai dari kakak pertama sampai kakak terakhir mengenai kerjaannya)

– Untuk tes ini tadi malam persiapannya belajar apa aja? (saya membaca-baca di web BRI tentang petinggi di BRI ini (direktur dan komisaris), dan juga visi misi. Eh ternyata kagak diterusin/dijabarin, lanjut ganti pertanyaan (sia-sia dah belajar ngapalinnya))

– Bank itu apa? (saya jawab suatu lembaga yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan dana dalam bentuk kredit, dan melayani bentuk-bentuk kegiatan lainnya) Apa contoh kegiatan lainnya itu? (pembayaran rekening listrik, air, pajak, dll)

– Kegiatan di kampus ngapain? (saya jelaskan organisasi yang saya ikuti terus pertanyaannya melebar sampai bagaimana meng-handle kegiatan, dll)

– Pernah terjadi kontradiksi dengan orang lain? (pernah, dengan temen deket) Solusinya? (bla…bla..bla..)

– Pernah ditilang polisi? (pernah) bayar pakai surat tilang warna apa? (waktu itu saya tidak pakai surat tilang, langsung disuruh membayar di tempat, terus bapaknya malah sedikit marah-marah dan bilang harusnya ke pengadilan saja. #hopeless)

– Punya temen dekat? (punya) kenapa kok dekat? (bla…bla…bla…bla…)

– Punya temen yang kerja di BRI? (tidak) Kan dari univ. kamu banyak tuh yang diterima, masa temenmu kagak ada? (emang kagak ada pak. Setelah lama diceramahin, saya nyeletuk: Emang harus punya temen yang kerja di BRI ya pak? ) kagak juga seh.

Seingat saya itu aja, terus bapaknya bilang udah, terus saya salaman dengan beliau berdua. Dan meninggalkan ruangan, eh ternyata lupa kagak membawa map dokumen (ijasah, transkrip, SKCK) dan diingetkan bapaknya (malu cuy, keliatan banget grogi-nya).

wawancara tadi lama-nya sekitar 20-25 menit (saya gak ngitungin). Terus dijelaskan HRD-nya bahwa pengumuman untuk tes selanjutnya (medcheck) min. 2 minggu dan max. 1 bulan lewat telepon, jadi ditunggu saja.

sedikit catatan di wawancara akhir yang saya ikuti:

– Tidak ditanyain masalah perbankan yang detail-detail (cuma menanyakan apa itu bank, udah)

– Tidak ditanyain “udah punya pacar/belum, terus bagaimana pendapat pacar-nya kalau kerja di luar pulau” , apakah ini tanda-tanda kalau hasilnya #sad . soalnya dari beberapa wawancara akhir yang saya baca itu kebanyakan yang ditanyain begitu biasanya lanjut. #hopeless

5) Medical Check Up

<<<< amieen >>>>

Tinggalkan Balasan

