REFLEKSI SNMPTN TAHUN 2009 DAN TIPS-NYA


SNMPTN tahun ini yang dilaksanakan serentak di seluruh indonesia pada tanggal 1-2 juli 2009 telah usai. Sekarang saya tinggal berdoa agar dapat diterima di ptn yang saya tuju. Dibailik itu saya punya sedikit bekal dan pengalaman yang dapat dibagikan buat adik kelas dalam menghadapi SNMPTN tahun depan.

Ø Bagi jurusan ipa amat saya sarankan untuk memilih program ipc sehingga mempunyai cadangan jurusan apabila jurusan ipa kagak nyantol. Selain itu soal-soal ips yang diujikan juga tidak terlalu sulit dan dapat dinalar (geografi,ekonomi,sosiologi,sejarah). Saya bahkan tidak belajar soal-soal ips sama sekali dan hanya intensif belajar ipa.

Ø Sehari sebelum SNMPTN sebaiknya tidak usah belajar karena malah bisa menghapus memory tentang pelajaran yang telah dipelajari dahulu. Lebih baik diisi dengan kegiatan yang menyenangkan seperti nonton tv atau nonton film. Kemudian istirahat yang cukup agar fit dalam menjalani ujian.

Ø Sebelum ujian sebaiknya membawa bekal makanan ringan dan minuman (saya sarankan minuman pengganti ion tubuh) yang dapat dikonsumsi saat istirahat untuk menambah energy.

Ø Ujian tahun ini untuk program ipc, adalah sbb:

H1: TPA : 55 soal (1 jam)

KEMAMPUAN DASAR : 45 soal (1 jam)

H2: KEMAMPUAN IPA : 60 soal (1,5 jam)

KEMAMPUAN IPS : 60 soal (1 jam)

Ø Sebelum ujian ada banyak waktu kosong sekitar 5 menitan, pergunakan waktu itu untuk bertasbih dan berdoa kepada Allah agar dimudahkan dalam mengerjakan soal.

Ø Saat selesai menjawab satu per satu soal sebaiknya langsung dibulati pada lembar jawaban jangan menandai pada soal karena berpengaruh atau tidak yang pasti saat saya melihat lembar jawaban terisi hati saya sedikit plong dan tidak nervous, lain halnya apabila baru dibulati saat waktu hampir selesai.

Ø Dalam menjalani ujian pasti ada saatnya down dan lelah, nah saat itu saya sarankan untuk berteriak dalam hati “aku bisa….semangat!!!” karena dengan sedikit kalimat motivasi tsb kita bisa melipatgandakan semangat.

Ø Kerjakan soal yang mudah dulu dan jangan berspekulasi dalam menjawab soal meskipun hanya -1 tapi kalau banyak berspekulasi min-nya menjadi banyak.

Ø Setelah semua persiapan dan usaha telah selesai maka yang perlu dilakukan adalah berdoa dan berdoa, seperti yang saya dan semua peserta SNMPTN lakukan saat ini.

9 thoughts on “REFLEKSI SNMPTN TAHUN 2009 DAN TIPS-NYA

  1. Aq juga ngerasain banget waktu SNMPTN kmaren, n tips2 itu juga bagus banget buat diaplikasiin ade2 kelas smua…

    Bahkan g cuma d SNMPTN z, tipsx juga bisa diaplikasiin dalam semua bentuk ujian.

    Just trusting your self and Allah will guide us ^_^ Amien…

    Buat saudara2q yang kmaren ikutan tes2 dari UM, PMDK, UMB, SNMPTN, bahkan tes2 di instansi kedinasan, sabar y… Insya Allah optimisme dan ikhtiar serta do’a membawa kita menuju sukses. AMIEN…

    add me on Facebook : shatyantarsa_193@yahoo.com / Rizha Krisna Wardhani

  2. Sebelumnya selamat di trima di AMG ya?

    Sip tipsnya kemaren aq juga ikut SNMPTN, semoga kita sukses semua dan ditrima sesuai dengan pilihan masing2, amien.

  3. @rizha: yup…. moga ditrima dah amien….! ntar fbnya aku ett.
    @olip: pengalaman pribadi hhe
    @jidat: amien
    @elvigto: yup thanks, amien
    @wongbagoes: amien
    @arofudin: ya…ha…

  4. Ping-balik: SNMPTN 2009 – PENGUMUMAN « just say! Ponorogo!!

Tinggalkan Balasan

