TREN ANAK MUDA PONOROGO


Remaja di kota reyog tampaknya mempunyai cara tersendiri mengisi waktu luang. Mereka paling tidak seminggu 2x ke warnet, itupun belum termasuk browsing lewat hp. Apakah ini tren positif? Ataukah tren negative? Mari kita ulas satu persatu!

Saat ini situs yang paling digemari oleh kawula muda ponorogo adalah situs friendster. Situs penyedia jasa social ini memang lebih digandrungi daripada yang lain semisal facebook atau multiply yang juga sejenis karena:
1. Social site dengan user terbesar di Indonesia dan khususnya di ponorogo ini rata-rata anak smp dan sma sudah mempunyai account di friendster. di sekolah saya saja 80% sudah menjadi user.
2. Layoutnya paling banyak tersebar di internet, dan dapat dimodif dengan html code maupun javascript. Sehingga dapat dijadikan media bereksperimen dalam web design
3. Kemudahan dalam mengirim pesan, komentar, atau bulletin. Sehingga menjadikannya media chatting alternative.
4. Fasilitas upload foto yang sangat menarik, kita semua tahu bahwa anak muda suka dengan hal-hal yang narsis sehingga menurut saya friendster adalah situs penyedia kenarsisan no.1 di dunia.
5. Kemudahan dalam mengakses yaitu selain dapat diakses dari pc juga dapat diakses dari hp dengan tampilan hp tersendiri.
6. Dapat membuat group, fans, avatar, gadget secara gratis.

Seperti sudah saya tuliskan diatas bahwa menurut perkiraan saya 80% pelajar di sekolah saya aktif di friendster, dan menurut perkiraan saya juga sebanyak 60% pelajar smp dan sma di ponorogo sudah terdaftar di social site ini. Sebelum friendster merebak tren mereka adalah aplikasi chat di hp sebut saja mig33, yehba, mxit, bing, morange, ym tapi yang paling terkenal di kalangan kawula muda ponorogo adalah mig33, seperti halnya friendster mig33 ini juga memiliki user yang paling banyak. Dengan kecenderungan ini dapat saya simpulkan bahwa remaja di kota reyog sangat menyukai mengirim pesan baik secara chat maupun comment(di fs). Banyak waktu maupun uang /pulsa mereka habiskan untuk tren ini. Namun apapun itu tren ini telah menjadi hobi yang cukup digandrungi anak muda sekarang.

Disamping itu para penggila bomber tampaknya juga tumbuh dengan suburnya di kota reyog ini. Lihat saja graffiti yang terpampang di tembok-tembok kosong sepanjang jalan. Tiap minggu bukannya berkurang malahan semakin banyak. Lihat saja jalan pramuka bagian barat, sepanjang tembok kosong selalu penuh dengan graffiti. Memang seni melukis di tembok yang satu ini cepat sekali mendapatkan hati para remaja. Selain sebagai sarana ekspresi juga sebagai sarana latihan lari dan balapan. Lhoh kok bisa? Ya bisalah kan tiap nge-bomb di area terlarang ujung-ujungnya nanti ya dikejar-kejar sama satpol pp ataupun polisi. Untuk menjadi bomberpun tidak mudah dan tidak murah karena dibutuhkan rasa keberaniaan yang tinggi selain juga modal yang lumayan. Kira-kira untuk membuat satu graffiti membutuhkan biaya 100rb. Tapi hal ini dapat dipermurah karena biaya tersebut dapat ditanggung per anggota kelompoknya jadi apabila satu kelompok ada 5 orang maka setiap orang Cuma mengeluarkan dana 20rb. Biaya tersebut untuk membeli cat semprot, cat tembok, kuas, dll. Pandangan masyarakat tentang graffiti ini pun beragam. Ada yang menolak karena membuat kesan kumuh, dan ada juga yang mendukung karena menganggap hal ini menariksebab menjadikan tembok kosong sebagai pusat penglihatan orang-orang lewat. Apapun pandangan orang hal itu sah-sah saja tapi yang paling penting dari para bomber ini adalah dapat menumpahkan kreatifitas seni mereka agar dapat dinikmati orang lain.

10 thoughts on “TREN ANAK MUDA PONOROGO

  1. jangan salah, 67 % akun data di friendster adalah palsu. konon ini kata Roy Suryo lho, and saya dapat data ini juga dari http://tololopedia.org/
    meskipun saya punya akun di FS, saya lebih suka Facebook karena cenderung lebih resmi. untuk aplikasi mobile, saya pakai morange 5.0.3 R1 (selain chat, juga bisa buka e-mail) dan Opera Mini 4.2.

  2. emm jadi teringat masa yang lalu sekitar tahun 2000, internet merupakan hal yang baru di Ponorogo dan pada saat itu hanya ada beberapa wnet saja kalo saya amati begitu cepat perkembangan perinettan di ponorogo(versus saya) beda kalo dulu jarang sekali anak sekolah SMP/SMU yang ngenet tapi sekarang semua itu TELAH MENJADI TREN ANAK MUDA PONOROGO.(nek biyen usume GLUT cah)

    Semoga semua itu menjadikan nilai positif bagi kita smua……bukan malah menjadikan kebobrokan moral anak muda khususnya Di Ponorogo

  3. Eman6 kalu sekilas di amati ,FS,menjadi kegiatan positif,dalam mengikuti perkembangan dunia telekomunikasi,tp skr6 banyak di di salah 6unakan ,jadi banyak sisi negatif dalam .,next..

  4. hebat bocah bocah ponorogo,,,tapi buktikan jangan hanya facebook atau fster….saja… tunjukkan wong ponorogo bisa meciptakan program dan inovasi alat yang bisa dikenal di seluruh indonesia atau bahkan dunia…yuk

  5. Ping-balik: Lomba Nge-BLOG 2008 | Kotareyog.Com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s